Rabu, 19 Februari 2014

a.Rafflesia rochussenii. Bunganya berwarna merah tua  dengan bintil-bintil di  kecil  di permukaan atas perhiasan bunga. Saat mekar penuh diameter  bunganya bisa mencapai panjang 30 cm. Bau busuk akan tercium dari sana. Flora langka ini tak mengenal musim untuk mekar. Di musim kemarau bisa, di musim hujan pun jadilah. Spesies unik ini pernah ditemukan di kaki gunung Mandalawangi, gunung Perbakti, gunung Gede Pangrango juga di gunung Salak.
Tumbuhan Langka
pohon bintangur
b. Amorphophallus titanium. Bunga langka ini saat mekar sempurna  bisa mencapai tinggi tiga meter lebih. Bunga bangkai ini mekarnya dipengaruhi oleh cuaca. Makanya jika hujan terus,  ia bisa mekar dengan cepat. Rata-rata tumbuh 10 cm per harinya. Habitatnya di lereng-lereng bukit bahkan pada kemiringan 90 derajat.Bisa tumbuh baik pada tanah  kaya humus. Bunga bangkai jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1878 di kawasan air mancur Lembai Anai Sumatera Barat oleh Dr.Odoardo Beccari, seorang ahli botani asal Italia.
c. Grammatophyllum papuanum J.J.Smith. Itulah nama ilmiah dari sejenis anggrek.  Umumnya disebut anggrek tebu. Dikategorikan sebagai anggrek  paling besar di dunia. Sekali berbunga, bisa ratusan kuntum jumlahnya. Satu rumpunnya saja bahkan bisa mencapai berat 1 ton. Batangnya bisa sampai 3 meter dengan tangkai bunga lebihdari 1 m. Jenis ini perlu dilestarikan agar tidak terjadi kepunahan seperti spesies anggrek  Phalaenopsis javanica yang endemik Jawa Barat atau Phalaenopsis gigantia atau anggrek bulan raksasa yang merupakan endemik Kalimantan.
Tumbuhan Langka
anggrek hantu
d.Nepenthes sp. Tumbuhan ini selain popular di Indonesia juga di dunia. Tumbuhan ini unik karena mempunyai perangkap untuk menangkap serangga kecil. Terdapat 90 spesies yang teridentifikasi di dunia. Hebatnya lagi 60 spesiesnya ada di Indonesia. Nama populernya di Indonesia cukup unik, kantong semar. Mengambil dari nama tokoh punakawan pewayangan bernama Semar yang badannya bulat dan pendek. Semua spesies nepenthes dikategorikan sebagai tanaman yang rawan mengalami kepunahan. Entah itu Nephentes rafflesiana, Nephentes hemsleyana Mcfarl, Naphentes hookerianaex Becc dimana suka hidup di dekat pepohonan di padang rumput terbuka.Daerah penyebarannya di Kalimantan, Malaysia dan Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar